Cara Memetik Gitar - 5 Tahap Mudah

Memetik Gitar

Memetik gitar adalah teknik yang bisa di mainkan di dalam semua aliran musik. Musik Pop, Jazz, Folk, Accoustic, Rock dan berbagai macam genre musik lainya. yang menjadi perbedaan adalah cara memetiknya apakah langsung menggunakan jari atau menggunakan pick.

cara memetik gitar

Langkah pembelajaran ini sangat di perlukan pembiasaan, karena memang dalam belajar memetik gitar perlu latihan yang rutin untuk melakukanya. Belakangan ini banyak orang yang mempelajari teknik memetik gitar untuk mengaplikasikanya secara langsung baik untuk lagu ataupun bermain fingerstyle.


Yang sering dipertanyakan dalam hal memetik gitar adalah posisi tangan yang benar harus bagaimana? Posisi tangan ini tergantung diri kita, jika jari kita nyaman maka itulah posisi yang tepat untuk kamu. Tidak perlu meniru cara orang lain dalam memetik gitar (Bila kamu tidak merasa nyaman), namun bila merasa nyaman tidak masalah.

yang dibahas kali ini lebih menjurus ke teknik memetik gitar pada gitar akustik. gitar akustik tidak hanya digunakan pada genre accoustic namun pada genre pop pun sering digunakan.

Pembelajaran teknik memetik gitar :

1. Lakukan pemetikan dengan 2 jari
Pada tahap awal ini tidak anjurkan langsung memetik menggunakan semua jari, karena dalam pembelajaran ini membutuhkan proses. dalam proses pemetikan 2 jari yang digunakan adalah jempol dan telunjuk. lakukan secara rutin pada proses ini.

memetik gitar 2 jari mudah

Karena dalam pemetikan gitar perlu pelemasan, maka lemaskanlah jari jempol dan telunjuk terlebih dahulu karena 2 jari ini merupakan jari utama untuk memetik gitar.

2. Penempatan Jari Pada Senar 
Ini yang sering terjadi kesalahan. Pada tahap penempatan jari, jari yang kita pakai harus tepat posisinya. biasanya bila terjadi ke tidak tepatan akan mengakibatkan kaku pada tangan. aturan yang dipakai dalam memetik gitar adalah

Senar 6 , 5 , 4 = Menggunakan Jempol

Senar 3 , 2 , 1 = Menggunakan Sisanya (Untuk Pemula menggunakan telunjuk)

memetik gitar dengan jari

Mungkin bagi tingkat lanjutan bisa mengeksplorasi sendiri tentang penempatan jari ini, tapi bagi pemula yang baru di tahap awal belajar gitar disarankan untuk mengikuti titik posisi jari sebagaimana mestinya.

3. Pemetikan Pada Kunci Dasar
Praktekan pada kunci/chord dasar. contoh kita menggunakan kunci/chord C dan kita petik. Petikan yang dilakukan dapat sesuai keinginan yang pasti memenuhi kriteria penempatan jari seperti tadi. Hal ini bertujuan supaya tangan kita lemas dan terbiasa. Jangan hanya lakukan satu kali atau dua kali tapi lakukanlah dengan sangat rutin.

memetik kunci dasar gitar

Lakukan pada beberapa kunci gitar untuk mematangkan dan membuat sinkron antara tangan kanan dan tangan kiri kamu. 

4. Mainkan Petikan dengan Tambahan Jari
Setelah lancar dengan dua jari, tambah lah satu jari satu persatu mulai dari jari tengah, jari manis dan jari kelingking. Lalu lakukan secara rutin setiap hari, karena dengan terbiasa teknik yang dipelajari semakin mudah. jangan langsung loncat pemetikan pada chord gantung, lakukan kembali tetap pada kunci dasar dalam tahap ini.

memetik gitar dengan 5 jari

Perlu waktu untuk melemaskan semua jari, karena tidak bisa langsung secara serempak lancar dan tidak kaku. Semakin sering dimainkan, jari jari kamu akan semakin lemas dan tidak kaku dalam memetik gitar.

5. Lakukan Rutin Pada Lagu Mudah
Sama seperti tahap pembelajaran kunci dasar gitar, lakukan dulu pada lagu yang mudah dan diusahakan masih pada kunci-kunci dasar gitar. Lakukan dengan tempo yang lambat terlebih dahulu, jangan terlalu terburu buru ingin tempo cepat.

lagu mudah

Setelah menguasai tempo lambat cara memetiknya, mulai percepat tempo untuk melatih kecepatan tangan dalam memetik gitar.

Semoga teknik yang di bagikan ini bermanfaat dan semoga dapat mempraktekanya. Dalam hal memetik gitar terdapat teknik yang bernama Fingerstyle. ingin mengetahui lebih lanjut? Baca Selengkapnya di artikel Belajar Fingerstyle Dengan 3 Langkah Cepat Ini 

Kamu ingin mempelajari materi gitar yang cukup lengkap? berikut daftar materi yang bisa kamu baca.

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
Cara Memetik Gitar - 5 Tahap Mudah Cara Memetik Gitar - 5 Tahap Mudah Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 9:05 AM Rating: 5

No comments: