Cara Stem Gitar Mudah dan Benar

Stem Gitar

Gitar yang fals tentunya tidak menyenangkan untuk dimainkan, maka dari itu stem gitar harus dilakukan. Ada 2 cara stem gitar, dengan manual menggunakan kepekaan telinga kita atau dengan bantuan tuner (Baik itu tuner secara fisik atau pun software).

cara stem gitar mudah

Stem gitar sangat penting karena akan menjadi sebuah rutinitas yang akan di lakukan ketika kamu sudah memiliki gitar apalagi kamu yang pemula dan sedang belajar gitar. stem gitar merupakan langkah awal dari Belajar Kunci Gitar.

Harus stem manual atau tuner? tidak ada yang salah untuk keduanya, karena memang akan di gunakan pada kondisi-kondisi tertentu.

Stem manual berguna ketika memang kondisi-kondisi dimana kita sedang tidak ada tuner. karena memang stem manual mengandalkan kepekaan telinga kita untuk menyelaraskan nada di senar gitar. Tapi misalnya memang kondisi sedang ada tuner ya pergunakanlah saja.

3 Tipe Tuner :

1. Tuner yang di tempelkan pada gitar (Bersifat eksternal)
tuner gitar tempel
tuner gitar tempel


2. Tuner yang di pasang di bagian body gitar



3. Aplikasi tuner (Smartphone/PC)
aplikasi tuner smartphone


itu beberapa macam tuner yang bisa kita gunakan untuk stem gitar tapi kita bahas stem manual terlebih dahulu.

Stem Gitar Manual

#1 Ketahui nada di setiap nomer senar
       Senar nomer 1 adalah senar paling bawah, dan senar nomer 6 adalah senar paling atas. jangan sampai tertukar. susunan nada nya adalah sebagai berikut :
E-A-D-G-B-E 
susunan tersebut di hitung dari senar 6 (senar paling atas).

stem nada di senar gitar


#2 Ambil satu nada untuk jadi patokan
       Ambil satu nada untuk di jadikan patokan untuk stem nada-nada berikutnya. disarankan ambil nada E. Jadi bisa langsung di sesuaikan dengan nada E senar 6 (Paling atas). 

Darimana ambil patokan nada nya? patokan nada bisa dari instrument lain seperti contoh piano, atau dari gitar lain pun bisa. atau jika memang sudah nempel dan mahir dengan kepekaan nada, biasanya sudah terngiang bahwa nada E berbunyi seperti apa. tapi untuk pemula rasanya bisa menggunakan instrumen lain terlebih dahulu untuk di jadikan patokan.


Selain instrument bisa dari lagu, namun bukan lagu yang memang instrument nya bertumpuk. ambil misalnya dari lagu yang memang ada solo instrument gitar dan kita bisa menyelaraskan nya

setelah mendapat patokan untuk nada nya, lalu lakukan stem/setelan kepada senar-senar gitar berikutnya.

#3 Stem setiap senar berikutnya
1. Petik senar nomor 6 (Nada E) yang tadi sudah di selaraskan nadanya dengan patokan instrument atau lainya, lalu tekan pada kolom 5 samakan dengan bunyi senar nomor 5 tanpa ditekan (Open senar)

jadi nada di senar 6 yang ditekan di kolom 5 itu sama dengan nada di senar 5 tanpa ditekan. Yaitu yang terbentuk adalah nada A

2. Petik senar nomor 5 , tekan pada kolom 5 samakan dengan bunyi senar nomor 4 tanpa di tekan (Open senar)

jadi nada di senar 5 yang ditekan di kolom 5 itu sama dengan nada di senar 4 tanpa ditekan. Yaitu yang terbentuk adalah nada D

3. Petik senar nomor 4 tekan pada kolom 5 , samakan dengan bunyi senar nomor 3 tanpa ditekan (Open senar)

jadi nada di senar 4 yang ditekan di kolom 5 itu sama dengan nada di senar 3 tanpa ditekan. Yaitu yang terbentuk adalah nada G

4. Petik senar nomor 3 tekan pada kolom 4 samakan dengan bunyi senar nomor 2 tanpa ditekan (Open senar)

jadi nada di senar 3 yang ditekan di kolom 4 itu sama dengan nada di senar 5 tanpa ditekan. Yaitu yang terbentuk adalah nada B

5. Petik senar nomor 2 tekan pada kolom 5 samakan dengan bunyi senar nomor 1 tanpa ditekan (Open senar)

jadi nada di senar 2 yang ditekan di kolom 5 itu sama dengan nada di senar 1 tanpa ditekan. Yaitu yang terbentuk adalah nada E

Ini adalah contoh video untuk menyetem gitar secara manual


Nah itu tadi adalah cara stem gitar secara manual. perlu di ingat bahwa stem gitar manual melatih kita agar kita juga lebih peka terhadap nada. karena kepekaan kita terhadap nada sangat penting manfaatnya dari sisi manapun di dalam sebuah lagu.

sekarang mari kita bahas cara stem gitar dengan tuner.


Stem Gitar Menggunakan Tuner

Stem gitar dengan tuner. prinsipnya sama. yaitu kita hanya membunyikan setiap senar yang ingin kita tuning. Misalnya kita akan stem senar 6. tinggal langsung saja di bunyikan dan liat parameter di sebuah tuner apakah sudah pas atau belum.

stem gitar dengan tuner ada 3 macam yang sperti tadi diatas sudah di sebutkan
1. Tuner yang di tempelkan pada gitar (Bersifat eksternal)
Tuner di tempelkan di kayu yang dekat untuk memutar senar gitar. lalu lakukan stem gitar seperti biasa

2. Tuner yang di pasang di bagian body gitar
Tuner ini biasanya bergabung bersama pre-amp. lakukan stem seperti biasa. cek baterai, karena jika baterai habis maka stem gitar tidak berjalan dengan benar.

3. Aplikasi tuner (Smartphone/PC)
Untuk aplikasi tuner di smartphone yaitu aplikasi yang tinggal kita nyalakan di smartphone dan tinggal todong lubang gitar ke arah smartphone kita. Kamu bisa baca juga artikel ini

untuk tuner di PC bisa di lakukan dengan cara, kita menyambungkan gitar kita ke PC. bisa dengan cara menyolokan kabel jack kepada gitar lalu langsung ke PC atau dengan media Audio Interface atau biasanya orang sering menyebut Soundcard

Namun untuk tuner di PC hanya bisa di lakukan untuk gitar yang memiliki pre-amp, jadi bisa menyambungkan lewat kabel jack.


#Kesimpulan
Melakukan stem gitar dengan manual atau dengan bantuan tuner sama saja. hanya penggunaan kondisi nya saja. untuk stem manual dapat melatih dan mengasah kita untuk semakin peka terhadap nada. dan untuk stem dengan tuner juga memudahkan kita dan mempercepat kita dalam melakukan stem atau tuning.


Kamu pemula yang sedang belajar gitar? pelajari materi lengkap tutorial gitar beserta video nya di daftar isi ini :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI

Cara Stem Gitar Mudah dan Benar Cara Stem Gitar Mudah dan Benar Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 9:28 PM Rating: 5

No comments: