Tips Membeli Gitar Akustik + Merek dan Harga, Pemula Wajib Tau!

Tips Beli Gitar

Kamu yang ingin membeli gitar akustik harus memperhatikan beberapa hal. banyak di kalangan pemula yang ingin membeli gitar tapi tidak sesuai dengan budget dan kebutuhan. Bahkan lebih kacau nya lagi gitar yang di beli tidak sesuai harapan.

Kamu sudah tanya teman, jawaban dan referensi nya berbeda beda dan malah membuat kamu bingung. yang satu menyarankan brand ini, yang satu lagi menyarankan brand itu padahal belum tentu brand yang mereka pakai sesuai dengan kebutuhan kamu.

tips membeli gitar pemula

Biasanya yang menjadi kebingungan adalah budget dan pilihan gitar seperti apa yang kamu beli. Tentunya semuanya ingin mendapatkan yang berkualitas namun belum tau review dan budget nya seperti apa.

Kita bahas apa saja yang perlu di perhatikan dalam membeli gitar akustik. namun sebelumnya perlu di ketahui bahwa memang jika kamu serius dalam belajar gitar sediakan lah budget yang mumpuni. bukan berarti harus mahal dan bukan berarti harus sangat minim juga. karena keseriusan untuk membeli gitar akustik pun nantinya akan menjadi aset alat musik kita.

Karena setelah pembelian gitar, sangat berpengaruh nantinya ketika kamu akan Belajar Gitar.

Hal yang harus di perhatikan dan di pahami :

#1. Tentukan Budget
Budget untuk membeli gitar bukan berarti harus mahal, apalagi buat kamu yang pemula. tapi harus tepat sasaran agar tidak membeli gitar yang harganya tidak sesuai dengan kualitas. sediakan lah range harganya misalnya dari berapa sampe berapa.

gambar budget membeli gitar


Dibawah postingan ini nanti akan di bahas range harga gitar dan tipe-tipe gitar yang cocok untuk pemula ataupun menengah.

Untuk kamu yang memang serius untuk membeli gitar, kita akan review gitar-gitar yang harganya antara 600 ribu - 1 juta rupiah. Jika memang budget kamu tidak sampai, cari lah gitar bekas/second dari tipe-tipe yang akan kita bahas nanti di bawah artikel.

#2. Hindari Membeli di Toko Serba Ada
Ini yang sering terjadi dan dilakukan oleh pemula karena tidak tahu harus membeli kemana. mereka bingung dan akhirnya membeli di toko-toko yang sebenarnya tidak di khususkan untuk musik.

Contoh nya seperti : Toko olahraga, Toko buku, Supermarket, dan lain-lain.
Pasti kamu sering melihat atau menjumpai toko-toko tersebut dan banyak sekali gitar yang bergantungan.

toko serba ada gitar

Untuk kamu yang akan membeli gitar, hindari untuk membeli di toko seperti itu karena harga dan kualitasnya pun berbeda. Harga yang pasti lebih mahal, lalu kualitas pun bukan pilihan. Jadi, carilah yang memang tokonya khusus menjual alat musik. Coba saja search di google toko musik di daerah kamu.

Untuk daerah bandung mungkin yang paling populer seperti Nada Musik, Tiga Negri, Braga Musik, dan yang lainya. kalian bisa datangi ke toko-toko tersebut.

#3. Lupakan Mental Murahan
Bukan berarti kita mencari harga yang mahal, tapi memang hilangkan mental yang ingin membeli gitar dengan budget yang sangat minim. mungkin di toko olahraga kita bisa mendapatkan gitar yang harganya sekitar 150-250 ribu tidak seperti di toko-toko musik, tapi perlu diketahui bahwa itu tidak cocok kualitasnya untuk belajar gitar.

beli gitar murahan

Beli lah dengan budget yang memadai dengan kualitas yang cocok untuk kamu. Perlu di ingat bahwa memang ada benarnya slogan "Ada harga, ada kualitas"

#4. Datang ke Toko Musik langsung (Recommended)
Era digital ini memang sudah banyak yang melakukan pembelian secara online termasuk gitar. namun untuk pembelian gitar memang alangkah baiknya jika membeli langsung di toko agar kamu bisa mengecek nya secara langsung.

beli gitar datang ke toko
Sumber : Chic's Musik
Berbeda jika kamu membeli gitar secara online. apabila ada kecacatan sulit untuk mengembalikanya karena tidak bisa mengecek kondisinya dari awal. Kelebihan membeli langsung pergi ke toko juga kita bisa langsung berkonsultasi dengan para sales nya yang dapat membantu kita mencarikan produk yang tepat untuk kebutuhan dan yang pasti dengan budget kita.

#5. Utamakan kebutuhan, bukan Brand
Brand yang bagus bukan berarti cocok dengan kebutuhan kamu. Terkadang teman kamu merekomendasikan gitar yang belum pasti cocok buat kamu. baik dari budget ataupun kualitas. Mungkin untuk yang skill nya sudah menengah ke atas, brand bisa menjadi acuan namun untuk pemula, cari lah yang memang sesuai kebutuhan.

kebutuhan gitar dan brand gitar

Contohnya kamu misalnya pemula yang ingin membeli gitar dan belum sampai untuk kebutuhan manggung, lalu teman kamu merekomendasikan gitar yang set nya sudah lengkap. Pre-amp, tuner dan sebaginya. Padahal secara logika kamu belum terlalu membutuhkan fasilitas itu. maka cari saja gitar biasa/kopong terlebih dahulu untuk belajar.

#6. Original Atau Custom
Untuk pemula disarankan membeli yang original. Terkadang banyak salah arti terhadap gitar custom. Ada yang mengatakan gitar custom adalah gitar yang dibuat secara handmade. Sebenarnya tidak bisa dikatakan salah juga namun kurang tepat.

custom original gitar

Sejatinya, gitar custom adalah gitar yang dibuat sesuai keinginan dari spesifikasi konsumen. Mulai dari pemilihan bahan neck, body, senar, pre-amp dan sebagainya. Intinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi yang tepatnya seperti apa.


Berikut beberapa pilihan rekomendasri gitar untuk budget 600 ribu - Sekitar 1 juta rupiah :

List berikut bersumber dari research beberapa marketplace bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, toko musik dan sebagainya .

1. Cowboy 3/4 GW 120 - Rp. 650.000


Cowboy 3/4 GW 120


cowboy gitar original

Gitar ini memiliki ukuran 3/4 yakni lebih kecil dari ukuran gitar biasanya. gitar ini memiliki karakter suara yang cukup bagus. cocok di kalangan pemula dengan budget yang pas di kantong. Cocok untuk di bawa kemana mana karena ukuranya yang cukup kecil.

Spesifikasi Cowboy 3/4 GW 120 :

Neck : Mahogany + Trush rod (ada besi stel neck)
Body Full Sapele wood
Tuning machine : Grover
Fingerboard : Rose wood
Bridge : Rose wood
Frets : Steel
Snare : String
Colour : Brown
Finish : Satin finish

Pre-amp : No 


2. Yamaha CGS 102 Classic 1/2 - Rp. 865.000


gitar Yamaha CGS 102 Classic 1/2
Gitar ini memiliki ukuran 1/2 lebih kecil dari ukuran gitar biasanya. gitar ini memiliki karakter suara yang cukup bagus. cocok di kalangan pemula dengan budget yang pas di kantong.

Spesifikasi Yamaha CGS 102 Classic 1/2:

• Spruce Top
• Meranti Back & Sides
• Nato Neck - Rosewood Fingerboard - Rosewood Bridge
• Natural Finish

• 21" Scale Length - 3 3/4" Body Depth - Age Range of 3-7.

Pre-amp : No 


3. Yamaha jr 1 3/4 Natural - Rp. 905.000


gitar Yamaha jr 1 3/4 Natural



gitar yamaha jr natural 3/4


Gitar ini memiliki ukuran 3/4, lebih kecil dari ukuran gitar biasanya. yamaha dengan brand yang besar mengeluarkan gitar yang harganya pas di kantong kita. Ukuran nya yang cukup kecil membuat gitar ini mudah di bawa kemana mana seperti ke gunung, traveling dan sebagainya.

Spesifikasi Yamaha jr 1 3/4 Natural

- 3/4 size steel string acoustic guitar
- Modelled after famous Yamaha FG series
- Soft case included
- Amazing tone and playability
- 6 string Travel guitar with high grade woods & finish

Pre-amp : No 

4. Yamaha F310 - Rp. 950.000


gitar Yamaha F310

ukuran gitar Yamaha F310

Gitar Yamaha F310 ini merupakan gitar yang sering di pakai untuk pemula dan menengah, karena dengan ukuran body yang normal dan dengan karakter suara yang berkelas. memiliki ketebalan suara yang cukup bagus. 

Spesifikasi Yamaha F310

- Body back & side Meranti
- Neck Nato
- Fingerboard Rosewood
- Fret 20

Pre-amp : No 


5. Helder Guitar Original - Rp. 1.000.000

helder guitar original

Helder Guitar Original pre-amp sound

Helder guitar ini merupakan gitar buatan lokal indonesia yang kualitasnya cukup bersaing dengan kualitas brand terkenal. karakter suara yang cukup bagus dengan bahan yang berkualitas dan cukup diminati di kalangan yang ingin memiliki gitar dengan budget yang tidak terlalu mahal.

Spesifikasi Helder Guitar Original

Body – Top spruce
Neck – Mahogany wood
Bridge – Songokeling / rosewood
Grayer – Crome models
Equalizer – Menggunakan tuner
Neck – Menggunakan trusrood

Pre-amp : Yes


Semoga tips ini memberi manfaat dan dapat menjadi acuan untuk kamu yang akan membeli gitar akustik untuk pemula dengan budget yang cukup dan dengan barang yang berkualitas. Karena membeli gitar merupakan aset utama kita untuk dapat bermain gitar dan salah satunya bagi para pemula yang akan belajar gitar.

Kamu pemula yang sedang belajar gitar? pelajari materi lengkap tutorial gitar beserta video nya di daftar isi ini :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
Tips Membeli Gitar Akustik + Merek dan Harga, Pemula Wajib Tau! Tips Membeli Gitar Akustik + Merek dan Harga, Pemula Wajib Tau! Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 9:05 AM Rating: 5

No comments: