Pengertian Home Recording

Home Recording adalah proses tracking atau rekaman yang dilakukan di rumah tapi tetap dengan menggunakan alat yang tetap layak untuk recording . jadi alat yang di gunakan tidak selengkap yang ada di studio musik . akan tetapi walaupun Home Recording tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan lagu atau suara yang berkualitas tinggi yang layaknya di hasilkan oleh studio musik .

Gamabar Home RecordingSebelum Sobat sudah mengenalkah dari Recording itu apa ?
sebelum lanjut ke Home Recording , Alangkah baiknya sobat membaca dulu apa sih Recording Itu ?
Silahkan Baca di Mengenal Recording Musik
Mengapa Home Recording lebih banyak dipilih oleh para musisi rumahan ? kita berpacu pada prinsip bisnis yang berawal dengan modal kecil dan hasil yang besar . walaupun kita dengan alat yang tidak selengkap studio , tapi tetap bisa menghasilkan karya yang bisa dinikmati pendengar . tapi itu tergantung kebutuhan , jika sobat memang menginginkan hasil yang profesional , maka alangkah baiknya jika melakukan recording di studio rekaman .

Peralatan Yang biasa digunakan Untuk Home Recording :

1.   PC – Personal Computer adalah bagian penting dari home recording karena pada dasarnya home recording adalah digital recording, maka PC mutlak dibutuhkan.

2.   Soundcard/Audio Interface – Ini juga mutlak dibutuhkan karena soundcard/audio interface ibarat pita suara dari PC, dialah yang memproses data audio menjadi digital dan juga sebaliknya.

3.   MIDI Controller – Midi Kepanjangan dari Musical Instrument Digital Interface, yang memungkinkan peralatan elektronik bersinkronisasi dengan komputer. Jika dijelaskan dengan bahasa saya sendiri MIDI Controller semacam remote control yang memungkinkan kita mengatur tombol,knob,tuts yang ada di workstation. MIDI tidak mutlak harus dimiliki karena kita juga bisa menggunakan mouse untuk mengatur hal yang tadi saya sebutkan. Namun MIDI Controller mempermudah kerja kita.

4.   DAW – DAW atau Digital Audio Workstation adalah software dimana kita membuat lagu dan memprosesnya. Ini semacam pengganti Studio dan Mixer, hanya saja dalam bentuk yang jauh lebih kecil. DAW tidak hanya software saja, ada juga yang berbentuk Multitrack recorder. Tapi yang akan saya bahas dan banyak digunakan adalah yang berbentuk Software. Untuk lebih mengenal DAW , silahkan Baca artikel DAW (Digital Audio WorkStation)

5.   Flat Frequency Speaker – Pengertian gampangnya adalah speaker yang mempunyai frekuensi datar. Tidak seperti Boom box yang mem-boost low frekuensi. Jika tidak menggunakan ini hasilnya akan tidak sama jika mendengarkan lagunya di speaker yang berbeda-beda, dengan flat frekuensi suara yang dihasilkan tidak akan berbeda jauh biarpun sepaker bukanlah satu-satunya indikator yang menyebebabkan suara yang berubah pada sebuah lagu. (Dikutip dari : musisikamar.wordpress.com)

Saran untuk yang akan membuat Home Recording adalah , buat lah di ruangan yang minimal jarang ada suara bising , untuk selanjutnya bisa di akali saat recording bisa menggunakan busa untuk meredam noise . dan jangan lupa Kopi Hitam untuk menambah Inspirasi ^_^

Jadi pada intinya untuk yang ingin melakukan Home Recording maka tonjolkanlah kreativitas sobat , karena untuk menghasilkan karya yang bisa di nikmati berasal dari kreativitas .
Pengertian Home Recording Pengertian Home Recording Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 9:58 PM Rating: 5

No comments: