Mengenal Recording Music

Recording pertama kalinya ditemukan diperkirakan pada tahun 1887 . Alat perekan yang di temukan Thomas Alfa Edison yakni Cylinder Phonograph . dan berkembang hingga alat rekam yang berkembang dimasa kini .

Gambar Recording MusikTujuan dari recording/ rekaman adalah merupakan sarana untuk mengabadikan suara yang sekiranya diperlukan untuk diputar kembali . seperti layaknya gambar atau foto . akan tetapi hasil dari suara yang direkam juga harus enak di telinga pendengar . seperti layaknya musik yang direkam lalu didengar harus enak di telinga pendengar . telinga manusia sanggup menerima intensitas bunyi di kisaran 10 dB – 120 dB. Itupun jikalau suara yang dihasilkan tidak robek dan pecah.. Kualitas record yang rusak juga akan menghancurkan perangkat audio system di rumah bila suara yang di rekam tidak sesuai yang ditentukan .

Merekam suara yang disebut Tracking atau ‘Take’. Dari sebuah arransemen musik, tentunya sekian banyak instrumen yang akan mengiringi lagu utama. Satu per satu setiap instrumen direkam dalam track record. Secara teknis adalah dari sumber suara akustik yang diubah menjadi gelombang electric. Sinyalnya diterima oleh recorder. Idealnya sumber suara (source) yang terekam semirip mungkin dengan aslinya. Jika menggunakan komputer, jadilah sinyal tersebut sebagai digital. Tetapi oleh recorder Analog (seperti DAT, realtape) sinyalnya tetap menjadi analog.

Dalam proses rekaman atau recording perlu memperhatikan alat alat yang digunakan untuk recording serta situasi tempat sangat disarankan pada ruangan yang kedap suara guna untuk mengurangi noise saat proses recording . semakin kecil noise dari sebuah lagu , semakin jernih pula lagu yang akan di hasilkan . selain tempat juga memperhatikan tempo saat recording . karena bila kita merekam satu persatu dari sebuah instrument tanpa adanya metronome makan kemungkinan besar track ke 2 yang kita kita rekam akan berbeda dan mengakibatkan tidak samanya tempo pada track 1 dan 2 . maka disarankan saat proses rekaman perlunya metronome

Mungkin Sekian Pembahasan Singkat mengenai proses Recording . jangan lupa membaca artikel Mengatasi Delay Saat Recording
Baca juga artikel yang bermanfaat dan berkaitan seperti Home Recording dan Juga Mixing And Mastering
DAW (Digital Audio Workstation)
Mengenal Recording Music Mengenal Recording Music Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 9:29 PM Rating: 5

No comments: