5 Langkah Cepat Belajar Kunci Gitar

Kunci Gitar 

Belajar gitar bukan hal yang instan dan magic untuk melakukanya. banyak orang yang berbondong bondong bahkan rela mengeluarkan lembaran rupiah untuk belajar kunci dasar gitar. tapi apa kita harus mengikuti privat untuk lancar dalam kunci dasar? saya katakan tidak dalam tahap pembelajaran kunci dasar, mengapa? karena kunci dasar merupakan hal yang paling bawah dalam gitar dan sangat memungkinkan untuk orang dalam mempelajarinya dengan tepat.

kunci gitar

Tujuan orang dalam belajar gitar pasti berbeda beda. tapi satu hal yang harus sama yaitu konsistensi dalam latihan. karena banyak orang yang ingin cepat bisa tapi tidak mau latihan rutin. ini yang sering terjadi pada pemula yang ingin latihan 

Kita punya studi kasus yang mungkin kita bisa ambil sisi positif nya , dalam waktu 3 bulan katakan saja nama nya "Lindar" . Lindar mengikuti les private gitar selama 3 bulan hanya demi dapat mahir dan lemas dalam mempelajari chord dasar gitar. dia latihan seminggu 2 kali dan hasilnya saat praktek dan bermain . belum sesempurna dan semahir yang diharapkan.

Ada satu orang lagi katakan saja namanya "Garin". Garin tidak mengikuti private. dia hanya membaca artikel dan setiap saat dia mempraktekanya. Dia latihan meluangkan 1 jam sehari dan alhasil dalam kurun waktu 1 bulan setengah. Garin sudah hampir lebih mahir daripada Lindar.

Apa yang bisa dipetik dari kesimpulan diatas? yakni bahwa bukan saluran ilmu dari orang lain yang berpengaruh penting, tapi kegigihan kita dalam mencapai suatu hal. jadi mulai lah dari niat anda untuk bermain gitar dengan latihan yang rutin.

Pada kesempatan kali ini kamu akan dipandu untuk Belajar chord/kunci gitar dasar. dalam hal pembelajaran kali ini sangat di sarankan mengikuti langkah demi langkahnya, karena artikel ini sudah disusun lengkap untuk pembelajaran gitar.

Daftar Bab Pembelajaran Gitar Lengkap :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI

kunci gitar dasar

Kunci dasar dalam gitar adalah mayor dan minor. mungkin bagi yang belajar chord lanjutan pembelajaran lanjutanya seperti chord 7, Gantung, Sus dan yang lainya. Namun disini kita bahas untuk kunci gitar dasar.

Berikut adalah gambar kunci dasar dalam gitar beserta titik nya :

kunci dasar gitar


titik chord dasar gitar

   #Senar paling bawah adalah senar nomer 1 (bukan nomer 6) dan senar paling atas adalah senar nomer 6 (bukan nomer 1). ini yang sering dilakukan kesalahan saat pemula mempelajari tahap awal gitar . sebaiknya lebih teliti

Langkah -langkahnya adalah :

1. Stem Gitar (Setelan Senar Gitar)
             Stem/Setelan gitar adalah tahap paling awal sebelum kamu belajar kunci gitar. Terkadang dianggap sepele tapi perlu di ketahui bahwa kalau kamu belajar gitar dengan kondisi gitar yang fals dan tuning nya tidak benar itu akan merusak mood kamu untuk bermain gitar.

Berikut video untuk stem gitar :

Belajar lah stem manual terlebih dahulu agar melatih telinga kamu peka terhadap nada. karena pada kondisi-kondisi tertentu mungkin ada saatnya sedang tidak ada tuner atau smartphone yang sedang bisa digunakan, jadi kepekaan telinga untuk stem gitar sangat dibutuhkan.

Baca juga artikel : Cara stem gitar mudah dan benar

2. Tentukan Media Pembelajaran
            Tentukan media pembelajaran yang kamu inginkan. Berupa tulisan atau video karena setiap orang berbeda beda dalam menyerap materi. terkadang kita bingung dengan sumber yang berserakan untuk belajar gitar dan lompat-lompat artikel kesana kesini sehingga bingung mulai lagi dari mana.

media belajar kunci gitar

Jika kamu pemula dan ingin mengikuti materinya lengkap, disarankan untuk membaca lengkap daftar isi tutorial belajar gitar dibawah ini. Kamu bisa simpan/bookmark halamanya dan dapat membacanya secara bertahap, tidak harus langsung satu waktu sekaligus.

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI

3. Pelajari Kunci/Chord Dasar 
           Kesalahan yang sering terjadi adalah pemula yang ingin belajar gitar ingin langsung semua di pelajari. chord gantung, melodi dan sebagainya. padahal semuanya ada tahapnya. tidak bisa langsung secara instan mempelajari semua materi.

tahapan belajar gitar

Semuanya di pelajari secara bertahap. Kalau kamu belajar nya ngacak, kamu bingung untuk fokus mempelajari yang mana dulu yang jadi prioritas. Pelajari kunci dasar terlebih dahulu untuk melemaskan jari lalu bisa lanjut ke materi-materi selanjutnya.

4. Praktekan 1 lagu yang mudah
          Ketika kamu sudah bisa mempelajari kunci/chord dasar, langsung praktekan di 1 lagu yang mudah. jangan terburu buru ingin menguasai banyak lagu. Yang terpenting kamu bisa mempraktekan hasil belajar kunci tadi ke sebuah lagu.

Kriteria apa yang disebut lagu yang mudah? sebenarnya tidak ada kriteria dalam menentukan tingkat kesulitan lagu untuk pemula yang sedang belajar, tapi untuk pemula yang sedang memilih lagu mudah untuk mempraktekan gitar contoh : chord gitar tidak terlalu banyak (mungkin 3 - 4 chord , dan kalau di ulang ulang itu lebih bagus), tidak ada chord gantung atau Kres (#).

Untuk beberapa saran lagu yang mungkin mudah untuk di pelajari :

Near - Karna su sayang ft Dian Sorowea



Anji - Dia


Jessie J - Flashlight



4. Latihan Minimal 30-60 Menit/Hari
          Berapa lama harus melancarkan ini? luangkan waktu 30-60 menit/hari dalam setiap hari untuk menguasai lagu. Karena dalam pembelajaran gitar yang paling penting adalah Bisa karena terbiasa. itu yang terpenting.

Simpan gitar kamu di tempat yang mudah di jangkau, jangan terlalu sering di simpan di tas gitar. kadang kita malas untuk mengeluarkan. Beda hal nya jika gitar di simpan di tempat yang mudah langsung bisa di ambil. Kita jadi mudah mengambil dan secara tidak langsung kita sering memegang dan berlatih memainkanya.

waktu belajar kunci gitar

Jangan jadikan sibuk menjadi alasan, karena untuk latihan 30-60 menit itu merupakan waktu yang sedikit. jika anda masih pelajar, bisa sebelum berangkat sekolah atau sepulang sekolah/kuliah. Bagi yang sudah bekerja pun sama bisa sebelum kerja atau sepulang kerja.

Karena dengan bermain musik mood kita pun akan membaik. tidak ada salahnya kan sebelum kita berangkat kuliah atau kerja membangun mood dulu sambil bermain gitar.

Dalam tahap belajar kunci/chord dasar itu sudah mencakup banyak materi dalam hal tersebut. tapi yang sangat menentukan adalah keinginan kamu untuk bisa dan keinginan kamu untuk biasa. dalam proses pembelajaran gitar yang sering dialami adalah sakit pada ujung jari. abaikan sakit itu dalam waktu 1 bulan sakit itu akan hilang karena kita sudah terbiasa.

Selamat belajar gitar dengan senang hati.
5 Langkah Cepat Belajar Kunci Gitar 5 Langkah Cepat Belajar Kunci Gitar Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 3:27 AM Rating: 5

No comments: