Tips Membeli Custom Gitar

Membeli Custom Gitar

Istilah custom gitar sering terdengar di kalangan para gitaris. yang sering menjadi perbincangan adalah tentang keaslian dari gitar tersebut. Asli? Palsu? Replika? 

custom gitar

Ada beberapa istilah custom gitar yang harus kamu tau agar tidak keliru dan salah mengartikan. 

1. Custom Handmade Artisan 
Custom yang satu ini dibuat sesuai spesifikasi yang di inginkan oleh pembeli. Mulai dari bahan-bahan, bentuk, karakter suara dan sebagainya. misalnya ingin bahan kayu yang berkualitas, neck, pre-amp, dan sebagainya.

2. Custom Series Asli
Custom ini merupakan custom gitar dengna seri tertinggi dan dengan produksi yang tidak banyak atau limited edition. Contohnya: Fender Custom Shop series dengan harga 50 juta rupiah ke atas. Fender seri custom diproduksi oleh Fender USA, dengan menggunakan bahan-bahan dan spesifikasi terbaik sehingga disebut custom.

3. Custom Duplikat Seri
Custom ini adalah duplikat atau replika dari seri aslinya. Modelnya dibuat sangat mirip seperti gitar brand aslinya. Dari segi kualitas tentunya sangat berbeda dan bahan yang dipakai pun tidak sesuai standar aslinya. Untuk harga pasti lebih murah tapi untuk kualitas mungkin berbeda. Custom ini sering kita jumpai akhir-akhir ini di indonesia karena banyak yang membuat gitar custom tiruan dari brand besar.

Untuk pemula yang baru belajar gitar dan ingin membeli gitar disarankan untuk membeli gitar original terlebih dahulu. Apalagi yang sedang belajar gitar. Karena mungkin belum tau spesifikasi yang bagus untuk custom gitar sperti apa. Untuk pemula yang ingin membeli gitar original dan review nya bisa di lihat di artikel Tips Membeli Gitar.

Namun buat kamu yang ingin mengetahui tips dalam mebeli gitar custom, bisa di baca di bawah ini tips-tipsnya. Tips ini berlaku untuk semua tipe gitar.

Tips Membeli Custom Gitar :

#1 Cek Jarak Senar
Mengecek jarak senar yang ada pada gitar apakah terlalu renggang atau terlalu dangkal. Apakah dimainkan terasa nyaman atau sakit. Karena jarak senar menentukan kenyamanan kamu untuk bermain gitar termasuk pada gitar custom.

#2 Stem Gitar
Untuk gitar custom harus teliti, karena terkadang ketika kita sudah stem gitarnya tapi tetap terasa fals atau sumbang. Maka dari itu stem terlebih dahulu ketika mengecek gitar custom. Kamu bisa gunakan aplikasi tuner di smarphone untuk stem gitar dengan cepat. Cek di 3 Aplikasi Stem Gitar di Smartphone.

#3 Buzz di Fret
Fret Buzz adalah kondisi dimana suara titik nada yang di tekan hasilnya tidak bulat atau terdapat suara noise yang mengganggu atau bahkan nadanya tidak berbunyi. Fret buzz ini biasanya terjadi karena jarak senar yang tidak presisi atau tidak rata, neck gitar yang tidak lurus.

Lalu cek satu persatu setiap kolonya mulai dari senar 1 sampai senar 6. ini cukup memakan waktu sedikit memang, tapi hal ini penting karena memang buzz pada senar gitar tidak dapat di prediksi akan muncul di fret mana.

#4 Cek Finishing (Semua Titik)
Untuk gitar custom yang dibuat dengan handmade perlu di cek ulang finishing nya. Cek dari bagian neck, body depan belakang, dan sebagainya. Apakah ada kecacatan atau finishing yang kurang rapih. Cek juga bagian body yang menyambungkan dengan neck, biasanya untuk gitar custom yang dibuat dengan handmade terjadi bberapa kendala di bagian tersebut.

#5 Sound Gitar
Cek suara yang di hasilkan dari gitar apakah cukup memuaskan atau tidak, karena suara di pengaruhi oleh kualitas bahan dari gitar custom tersebut. Untuk gitar custom yang memiliki pre-amp bisa langsung di cek di tempat juga. Langsung sambungkan ke pengeras suara. Cek karakter suaranya cukup sama atau jauh berbeda dengan yang di dengarkan secara langsung tanpa pre-amp.

Alangkah baiknya jika bisa di cek melalui headphone juga agar bisa di dengarkan secara jelas dan detail dengna telinga kita.

#6 Cek Ulang Chord dan Nada
Hasil dari stem gitar tadi harus kita cek lagi setelah beberapa menit kemudian. Karena terkadang gitar custom memiliki beberapa kendala saat tuning, misalnya gitar tersebut cepat fals dan sumbang. Kamu tidak mau kan kalau gitar kamu cepat sumbang? Pastinya akan merepotkan untuk stem terus menerus.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan stabilitas tuning dari gitar custom tersebut. Semakin lama gitar tersebut tidak fals, stabilitas tuning nya berarti baik.


Itulah beberapa tips untuk kamu yang akan membeli gitar custom. Tetap teliti dalam membeli gitar agar tidak menyesal setelah membeli gitar. Yang terpenting adalah kamu bisa mendapatkan kenyamanan ketika mendapatkan gitar dan memainkanya.

Kamu mau mempelajari beberapa artikel gitar? Cek daftar materi berikut
MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI

Tips Membeli Custom Gitar Tips Membeli Custom Gitar Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 11:10 PM Rating: 5

No comments: