5 Teknik Dasar Belajar Melodi Gitar

Belajar Melodi Gitar

Belajar melodi gitar merupakan tahap lanjutan dari pembelajaran gitar yang sebelumnya sudah dipelajari. sebelum mempelajari melodi gitar sudah wajib bagi kamu menguasai Kunci Dasar Gitar. Selain itu juga sudah paham tentang Kunci Gantung Gitar dan sudah mempraktekan pembelajaran Cara Memetik Gitar.

belajar melodi gitar

Apakah melodi bisa di pelajari secara otodidak/mandiri? Bisa. karena pada dasarnya adalah dari segi latihan dan terus mempelajari. 

Dalam teknik memainkan melodi gitar ada banyak yang bisa di praktekan. Bahkan penggabungan antara kunci gitar yang dipetik dan di isi dengan sebuah melodi sekaligus seperti pada teknik Fingerstyle.

Yang sering menjadi permasalahan pada pemula yang sedang belajar melodi adalah kecepatan. biasanya terburu buru ingin menguasai tempo cepat pada sebuah lagu atau instrumen. Untuk awal pembelajaran sebenarnya yang ditekankan adalah ketepatan bukan kecepatan.

Jika memang kamu sudah bisa bermain melodi dengan tepat walaupun itu dengan tempo pelan, maka ketika kita ingin mencoba dengan tempo cepat bisa berjalan dengan seiringya waktu. Ada salah satu quotes dari gitaris duni yaitu Joe Satriani yang mengatakan bahwa ketepatan lebih penting dibanding kecepatan.

kutipan joe satriani

Berikut adalah Teknik Dasar Belajar Melodi Gitar :

#1. Hammer On
Teknik Hammer On adalah teknik memainkan melodi gitar dengan cara membunyikan 2 nada atau lebih dalam satu petikan dari nada rendah ke tinggi. Suara yang di hasilkan dari nada 1 dan 2 atau seterusnya terkadang berbeda tingkat kekuatan nya, maka dari itu diperlukan latihan rutin untuk melatih teknik ini agar dapat melakukan senam jari sekaligus.

#2. Pull Off
Teknik Pull Off atau bisa disebut juga hammer off adalah kebalikan dari teknik hammer on yaitu teknik memainkan melodi gitar dengan cara membunyikan 2 nada atau lebih dalam satu petikan dari nada tinggi ke rendah.

Berikut contoh video pembelajaran untuk teknik Hammer On dan Pull Off :



#3. Vibrato
Teknik vibrato adalah cara memainkan variasi pada nada melodi dengan menggetarkan senar. Nada yang dihasilkan akan bergetar dan mengayun sehingga menghasilkan karakter baru dari sebuah nada tersebut.

Biasanya dibunyikan dengan cara menggerakan jari yang menekan pada titik nada gitar lalu mengayunkanya ke atas dan kebawah dengan cukup cepat. Perlu latihan untuk mendapatkan hasil vibrato yang bagus agar menjadikan nada tersebut tetap bulat dan tidak sumbang.

Tutorial penggunaan vibrato :


#4. Slide
Teknik Slide adalah cara memainkan 2 nada atau lebih dengan satu kali petik. Teknik ini hampir mirip dengan hammer on dan pull off yang membedakan adalah teknik slide menggunakan jari yang sama.
Ada beberapa bagian dari teknik slide :
- Sliding Up = Dari nada rendah ke tinggi
- Sliding Down = Dari nada tinggi ke rendah
- Sliding Chord = Gabungan dari beberapa nada yang di lakukan teknik slide
- Power Slide = Dari nada rendah ke tinggi dengan jarak/interval yang cukup jauh


#5. Bending
Teknik Bending adalah cara memainkan nada di satu fret dengan satu jari lalu mengayunkanya ke atas untuk meninggikan nada. Teknik ini mirip dengan teknik slide namun di lakukan pada fret/titik yang sama.
Teknik ini pun sering di kombinasikan dengan teknik lainya seperti vibrato. Jadi dapat menghasilkan karakter suara baru dari sebuah nada.


Itulah beberapa teknik dasar belajar melodi gitar yang bisa kamu pelajari di awal. karena ke 5 teknik ini merupakan teknik dasar untuk belajar melodi gitar. Latihan rutin menjadi kunci utama dalam pembelajaran melodi. Semakin sering kita mempelajari dan mempraktekan melodi, maka semakin lentur jari kita untuk memainkan sebuah melodi.

Jangan lupa bahwa yang terpenting adalah ketepatan. Setelah kamu bisa menguasai ketepatan, maka kamu bisa menguasai kecepatan. Jangan terlalu terburu buru, pelajari dengan bertahap dan rutin mendengarkan sebuah melodi lagu dan mempraktekanya.
Bagi yang ingin mempelajari beberapa materi tentang gitar bisa dilihat di bawah ini :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
5 Teknik Dasar Belajar Melodi Gitar 5 Teknik Dasar Belajar Melodi Gitar Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 1:33 AM Rating: 5

No comments: