Belajar Kunci/Chord Gantung Gitar + Video

Belajar Kunci/Chord Gantung Gitar

Apa yang dimaksud dengan chord gantung pada gitar ?
Chord / Kunci gantung gitar adalah sebuah chord dimana kita menekan sebuah titik dalam fret gitar, dan titik itu lebih banyak di banding chord dasar. chord gantung memerlukan 4 jari dalam memainkanya.


Chord gantung digunakan agar menghasilkan suara gitar yang nuansanya lebih beda dari chord dasar. walaupun sebenarnya chord dasar pun bisa menghasilkan nuansa yang sama dengan beberapa penambahan titik.

Dalam pembelajaran chord gantung ini pastinya anda sudah menguasai kunci dasar gitar. bila melewatkan kunci/chord dasar maka sulit untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. bila belum sempat belajar kunci dasar, kamu bisa pelajari di 5 Langkah Cepat Belajar Kunci Gitar

Dan pastikan gitar kamu juga sudah di setel dengan baik atau kamu bisa ikuti Cara Stem Gitar.

Mengapa banyak orang mengatakan chord gantung lebih sulit dibading chord dasar? ini merupakan pertanyaan yang sering bermunculan dari kalangan pemula dalam tahap pembelajaran gitar. Setelah ditelusuri dan mengerti beberapa permasalahan pada gitar, yang membedakan adalah titik kunci pada gitar. karena titik kunci pada chord gantung dan titik kunci pada chord dasar cukup berbeda.

Dalam pembelajaran chord gantung lain halnya dengan chord dasar , chord dasar biasanya hanya memerlukan 3 jari untuk memainkanya (walaupun ada beberapa yang 4) dan titik yang ditekanya pun tidak rumit sedangkan chord gantung memerlukan 4 jari dan titik tekanya lebih rumit dari chord dasar.

Ternyata ada beberapa permasalahan juga yang sering dilakukan pemula dalam pembelajaran gitar khususnya pada chord gantung, yaitu dalam teknik memegang atau menguasai bagian gitar. kesalahan pada penempatan posisi tangan akan berakibat fatal pada pembelajaran. mengapa? karena tangan kita akan terasa kaku bila salah penempatan .

Tapi yang pasti, buat lah tangan kamu senyaman mungkin agar kamu leluasa memainkan gitar karena memang kenyamanan posisi dalam memegang gitar mungkin tiap orang bisa berbeda.

Chord gantung merupakan tahap lanjutan dari chord dasar atau bisa dibilang modifikasi dari chord dasar, karena ada beberapa chord yang memang nuansanya sama dengan chord dasar.

Chord Dasar     : C - D - E - F - G - A - B - C
Chord Gantung : C - C# - D - D# - E - F - G - G# - A - A#/Bb - C

Terlihat jelas perbedaan pada chord gantung dan chord dasar . untuk mengenal bagan chord gantung . bisa dilihat gambar dibawah ini
bagan chord gantung gitar
Sumber Gambar : KordGitar.net
kunci gantung gitar
Sumber Gambar : Wikipedia
Terdapat beberapa posisi tangan yang harus kamu praktekan langsung. Seperti posisi pada nada mayor ataupun nada minor. Lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini :

Chord gantung mayor
Chord Gantung Mayor Pada Jajaran Atas

chord gantung minor
Chord Gantung Minor Pada Jajaran Bawah


chord mayor gantung
Chord Gantung Mayor Pada Jajaran Bawah

chord minor gantung
Chord Gantung Minor Pada Jajaran Atas


Ada beberapa posisi yang tangan yang mirip seperti gambar di atas, contoh nya adalah posisi tangan untuk nada mayor di jajaran atas dan posisi tangan chord gantung minor di jajaran bawah.

Pembelajaran titik chord gantung beberawal dari chord dasar bass. dari titik chord dasar bass itu lah kita bisa mengkombinasikanya menjadi kunci/chord gantung.

Chord Dasar Bass 

Senar 6 Kolom 1 : F                                     Senar 5 Kolom 1 : Bb          Senar 5 Kolom 7 : E
Senar 6 Kolom 2 : F#                                   Senar 5 Kolom 2 : B            Senar 5 Kolom 8 : F
Senar 6 Kolom 3 : G                                    Senar 5 Kolom 3 : C
Senar 6 Kolom 4 : G#                                  Senar 5 Kolom 4 : C#
Senar 6 Kolom 5 : A                                    Senar 5 Kolom 5 : D
Senar 6 Kolom 6 : Bb                                  Senar 5 Kolom 6 : D#

Setelah hafal titiknya, praktekan lah sesuai gambar yang ada diatas. pada chord gantung, titik utamanya terdapat pada telunjuk (tangan kiri).

Untuk penutup, ini merupakan video yang bisa menjadi pembelajaran untuk belajar kunci gantung gitar. Sumber Youtube : Joy Aritonang



Sekian pembelajaran chord gantung pada gitar semoga bermanfaat.
Kebingungan dalam teknik memetik gitar ?
Baca selengkapnya di Teknik Memetik Gitar

Kamu ingin mempelajari materi gitar yang cukup lengkap? berikut daftar materi yang bisa kamu baca.

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
Belajar Kunci/Chord Gantung Gitar + Video Belajar Kunci/Chord Gantung Gitar + Video Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 4:19 PM Rating: 5

No comments: