DAW (Digital Audio Workstation)

DAW (Digital Audio Workstation) sebenarnya banyak yang mendefiniskan , tapi semua definisi yang tertuju sama saja intinya . jadi DAW (Digital Audio Workstation) adalah System Digital yang kita gunakan Tracking (Recording) , Editing , Mixing And Mastering . itu pengertian simple nya



Komponen komponen DAW 
        Sebagai sebuah system DAW terdiri dari beberapa komponen seperti :
1. Komputer.
2. Software, yaitu software Audio Editor / Multitrack Recorder, termasuk beragam plug-in & virtual instruments.
3. Digital Audio Interface, seperti sound card.
4. Perangkat tambahan, seperti DI BOX, Reference Speaker Monitor, dll.

Software DAW yang sering digunakan :

FL STUDIO
gambar fl studio
DAW ini diciptakan oleh salah satu perusahaan asal Belgia yang bernama Image-Line. FL Studio ini menyajikan graphical user interface, sebuah format atau sistem yang memungkinkan kita untuk melakukan interaksi menggunakan devices lain melalui software ini.

Seperti keyboard controller atau piano roll yang merupakan satuan paket dari FL Studio tersebut. Selain itu, FL Studio memiliki pattern-based untuk music sequencer. Fruity Loop Studio atau FL Studio ini hanya bisa di-install di Windows atau untuk mobile bisa melalui iPod Touch, iPhone, iPad dan Android.

ABLTETON LIVE
gambar ableton live
Berbeda dengan DAW yang ini, Ableton Live bisa digunakan untuk Windows maupun OS X. Ableton Live memiliki pattern-based untuk music sequencer, dimana untuk yang satu ini diprogram untuk keperluan live performances, atau bisa dibilang sebagai instrument untuk tampil.

Meskipun lebih memiliki fitur untuk sequencer, namun Ableton Live ini menyajikan fitur composing, recording, arranging, mixing hingga mastering juga. Banyak DJ di seluruh dunia menggunakan Ableton Live ini, mulai dari DJ pemula hingga Skrillex.

APPLE LOGIC PRO
gambar apple logic pro
Ini sudah pasti menjadi DAW untuk Mac yang memiliki kecenderungan paling compatible. Logic Pro banyak digunakan oleh para musisi atau sound engineer yang sudah profesional aktif di studio.

Banyak media yang memberikan ulasan bahwa Logic Pro ini menjadi DAW yang elegan untuk solusi produksi musik. Logic Pro ini memiliki paketan yang cukup lengkap tanpa menambahkan fitur-fitur, sudah memiliki fitur efek yang cukup banyak hingga plugin seperti drum.

PRE SONUS STUDIO ONE
gambar pre sonus studio one
PreSonus Studio One lebih memiliki fitur untuk kebutuhan music creation, recording dan mastering. Fitur-fitur tersebut menempatkan diri menjadi DAW dengan paket yang mengalahkan Cubase dan Sonar (setidaknya itu lah yang banyak dibicarakan oleh media).

Namun, ulasan tersebut memang memiliki alasan yang mendukungnya, dengan impresi detil untuk editing audio ini maka pasar pun banyak memilih DAW ini.

PROPELLERHEAD SOFTWARE REASON
gambar Propellerhead software reason
Reason menjadi pilihan bagi para musisi yang memiliki kegemaran untuk rooting alat-alat musik dan audio supporting. Reason memiliki visual yang sangat bagus didukung dengan logikanya dalam hal rooting.

Seperti dalam hal menyusun rak efek hingga memasang kabel di channel mixer. Reason lebih banyak digunakan untuk live recording dan sangat ringan untuk digunakan dalam keperluan playback.

CUBASE
gambar cubase
Salah satu sistem DAW kelembagaan, wisata pertama Steinberg adalah dalam bentuk Pro 16 & Pro 24 pada Commodore 64 dan Atari ST. Sejak itu telah dibeli oleh Yamaha dan secara teratur diperbarui, dan bertanggung jawab untuk beberapa kemajuan teknologi utama dalam dunia digital workstation (termasuk VSTi)

sebenarnya semua dari software software diatas memiliki fungsi yang sama namun yang membedakan cara pemakaian dan kenyamanan , tidak ada yang jelek ataupun yang bagus hanya saja tergantung kita memanfaatkanya . biasa untuk bisa lebih memperdalam hal Recording , Mixing And Mastering temen temen harus mengenal dalam dulu DAW yang temen temen gunakan .
DAW (Digital Audio Workstation) DAW (Digital Audio Workstation) Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 2:37 PM Rating: 5

No comments: