Bahaya Makan Sebelum Tidur

makan sebelum tidur
Apa sih bahayanya makan sebelum tidur ? . Makan memang kebutuhan manusia dalam sehari hari . tanpa makan kita tidak akan sehat bahkan akan kekurangan karbohidrat , vitamin dan sebagainya . tapi makan juga bisa jadi bahaya ataupun penyakit bila pada waktu yang kurang tepat . salah satu waktu yang tidak tepat adalah makan sebelum tidur .

saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan 30 menit setelah Anda tidur. Hormon ini juga dihasilkan pada saat Anda berolahraga. Ini adalah hormon yang berperan pada pertumbuhan dan bertugas untuk memecah lemak. Itulah sebabnya anak-anak sering dianjurkan agar tidur cukup karena semakin banyak tidur, hormon pertumbuhan yang dihasilkan akan meningkat dan sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

semakin lama kita tidur maka semakin banyak lemak yang dipecah . hormon kita pun semakin meningkat . tapi tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama . masih dalam jangka waktu yang wajar untuk tidur . berkaitan dengan makan sebelum tidur maka hormon tidak akan keluar dan tidak akan ada proses pemecahan lemak maka dari itu hormon kita tidak akan bertumbuh .

BAHAYA MAKAN SEBELUM TIDUR

1. Perut Kembung

perut kembung
           Ditengah kita sedang tertidur pulas , terkadang terganggu dengan perut kembung yang sangat tidak mengenakan . selain perut serasa ga jelas terkadang menimbulkan rasa mual dan ingin muntah . karena makanan yang kita makan belum di proses. ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena menggangu pencernaan pada tubuh.

2. Night Eating Syndrome (NES) 
Night Eating Syndrome (NES)

           Makan larut malam mungkin merupakan gejala depresi yang berkaitan dengan kondisi yang disebut Night Eating Syndrome (NES atau syndrome makan malam hari), menurut Dr Michael Craig Miller dari Harvard Publication, orang dengan NES memenuhi sebagian besar kebutuhan kalori dengan makan setelah pukul 6 sore. Orang dengan NES pada umumnya mengalami depresi dan makan larut malam kerana ketidak seimbangan hormone. Makan larut malam biasanya melibatkan gula dan karbohidrat, yang merupakan makanan pemicu rasa nyaman.

3. Berat Badan Naik (Drastis)
berat badan naik

           Entah ini sisi postitif atau negatif apabila berat badan naik secara drastis . bagi orang yang ingin menaikan berat badan mungkin ini adalah hal yang positif dan lain hal dengan yang ingin menurunkan berat badan . 

4. Sakit Perut Disaat Tidur
sakit perut saat tidur

            Seringkali ini terjadi apabila kita makan sebelum tidur , karena pencernaan kita menjadi tidak jelas . makanan yang masuk juga tidak di proses dengan baik maka akan menimbulkan sakit perut dan ini cukup mengganggu aktifitas tidur .

Apabila makan sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan , maka biasakan juga dsaat tidur , kepala agak di keataskan baik menumpuk bantal atau pun lain sebagainya . agar makan yang kita makan bisa dicerna dengan baik . dengan posisi tersebut , maka makan yang kita makan akan turun kebawah . dan bagi yang sobat kurang nafsu makan bisa membaca artikel di Tips Cara Menambah Nafsu Makan . semoga nafsu makan anda dapat bertambah
Bahaya Makan Sebelum Tidur Bahaya Makan Sebelum Tidur Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 5:20 PM Rating: 5

No comments: