Pengertian Musik

gambar nada musik
Gambar Nada Musik
Musik banyak di definisikan oleh banyak orang , karena bukan satu atau dua orang yang dapat mengartikan musik , tidak ada yang salah dalam pendefinisia sesorang terhadap musik karena musik merupakan salah satu dari seni dan seni itu tidak ada yang buruk , semua tergantung seberapa jauh orang yang menikmatinya .dan musik yang bagus biasanya musik yang banyak dinikmati oleh orang.

Musik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 602)
Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Musik Menurut pandangan saya
Musik adalah sebuah nada yang tersusun rapi mengandung beberapa unsur instrument yang di dalamnya terdapat makna tersendiri sehingga menciptakan harmonisasi yang indah dann dapat dinikmati orang .

Musik tidak hanya memiliki satu jenis , musik memiliki banyak macam macam jenis , biasanya dalam musik dapat disebut genre .
Genre musik menurut wikipedia :
Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai genre musik anda bisa membaca artikel
Macam Macam Genre musik dan pengertianya

Di dalam musik terdapat beberapa unsur . unsur itu merupakan element penyusun yang membuat musik itu menjadi indah dan enak di dengar .
1. Nada
         Suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi-rendahnya arus-ujaran. Tinggi rendahnya    arus-ujaran terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antar segmen . pernah terbaca oleh kami ada pernyataan bahwa nada rendah dapat melambangkan orang yang sedih , dan nada tinggi melambangkan orang yang gembira . pendapat tentang itu saya kurang setuju , karena dalam mengekspresikan musik tiap orang itu berbeda bahkan tidak menutup kemungkin pernyataan diatas bisa terbalik.
         Dalam sebuah musik , biasanya nada merupakan hal penting karena nada lah yang dapat membuat orang menjadi menyukai sebuah musik . biasanya musisi yang membuat musik yang indah dan elegan itu terbentuk dari nada nada yang mahal tanpa dimiliki oleh musisi yang lainya yang pada intinya memiliki ciri khas tersendiri.y

2. Melody
         Melody adalah nada yang diatur tinggi rendahnya , pola , dan harga nada sehingga menjadi sebah kalimat lagu yang menyusun sebuah musik.

3. Bunyi
         Bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Irama yang merupakan pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, memberikan
karakter tersendiri pada setiap musik.

4. Harmonisasi
         Harmonisasi adalah kombinasi atau perpaduan yang baik antara irama dan melody sehingga menciptakan sesuatu yang indah di dalam musik.

5. Tempo
        Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan bisa diukur dengan alat bernama metronome dan alat bernama keyboard. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, misalnya 3/4 atau 4/4 . tempo biasanya menyusun strucktur dari kerangka lagu . bila lagu / musik tidak ada tempo yang teratur . musik yang di ciptakan pun akan berantakan.
     
Pengertian Musik Pengertian Musik Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 5:07 PM Rating: 5

No comments: