7 Hal Ini Harus di Cek Ketika Membeli Gitar di Toko

Tips Beli Gitar di Toko

Dalam pembelian gitar banyak beberapa diantaranya yang mengalami kecacatan gitar. Lecet, bengkok, Buzz di fret senar dan masih banyak lain-lainya. itu terjadi karena kita tidak teliti saat membeli.

beli gitar di toko

di era sekarang mungkin pembelian lewat e-commerce banyak di lakukan. Namun dalam pembelian gitar alangkah baiknya di lakukan secara langsung pergi ke toko karena bisa merasakan langsung suara gitar yang akan kita beli dan mengecek nya secara langsung juga.

Setelah anda tau Tips membeli gitar dan sudah ada harga yang cocok, saatnya anda siap membeli gitar.

Kenapa harus di cek? kan sudah di buat oleh mesin? 
mungkin gitar yang original tentunya dibuat mesin mulai dari pengukuranya, pemotonganya, finishing nya dan lain-lainya. namun bukan berarti semuanya mulus, dan bukan berarti banyak yang cacat. Tapi untuk memastikan bahwa memang gitar yang kamu beli tidak ada masalah apapun.

Apalagi kalau kamu memang membeli gitar custom. sangat dianjurkan untuk mengecek nya secara langsung. karena memang spesifikasi yang di buat di gitar custom mungkin akan berbeda dengan gitar original.

Ketika kita membeli gitar di toko, banyak yang terlalu fokus dengan harga sampai lupa dengan pengecekan gitar. karena merasa harga sudah cocok dan aman lalu beli, bungkus dan hanya mengecek kelengkapanya saja tanpa mengecek kondisi keseluruhan pada gitar.

Ini adalah hal wajib yang di cek ketika anda membeli gitar di toko :

1. Pemutar Senar


pemutar senar gitar

Lakukan stem pada gitar terlebih dahulu untuk mengecek pemutar senar ini, terkadang terdapat pemutar senar yang keras atau tidak dapat di putar sebagaimana mestinya. lakukan ke dua arah yaitu naikan nada dan turunkan nada

2. Fret Buzz (Buzzing)


fret buzz gitar

Fret Buzz adalah kondisi dimana suara titik nada yang di tekan hasilnya tidak bulat atau terdapat suara noise yang mengganggu atau bahkan nadanya tidak berbunyi. Fret buzz ini biasanya terjadi karena jarak senar yang tidak presisi atau tidak rata, neck gitar yang tidak lurus.

Untuk mengeceknya, pertama kamu harus stem gitar terlebih dahulu agar dapat mengeceknya secara jelas. gunakan smartphone kamu agar dapat stem dengan cepat. bisa gunakan 3 Aplikasi Tuner untuk smartphone ini atau jika memang sudah ada tuner di gitarnya langsung saja lakukan tuning.

Lalu cek satu persatu setiap kolonya mulai dari senar 1 sampai senar 6. ini cukup memakan waktu sedikit memang, tapi hal ini penting karena memang buzz pada senar gitar tidak dapat di prediksi akan muncul di fret mana.

Jika kamu memang menemukan buzz, langsung saja ganti gitarnya ke barang yang baru. jika tidak menemukan, langsung lanjutkan pengecekan selanjutnya

3. Neck Gitar (Optional)


neck gitar

Neck gitar atau batang gitar merupakan kunci utama dari sebuah gitar. jika neck nya bengkok maka akan membuat nada yang tidak bulat bahkan menjadi buzz. namun di zaman sekarang pengecekan neck optional di lakukan karena memang di dalam neck gitar biasanya sudah terpasang Truss Rod atau pemutar untuk meluruskan batang gitar.

4. Sound Gitar


sound gitar

Sebelum kamu membeli ke toko gitar alangkah baiknya kamu mencari review terlebih dahulu tentang gitar apa yang akan kamu beli. tujuanya selain mengetahui harga, kamu juga tau seperti apa suara yang di hasilkan nya.

Pengecekan nya langsung saja di mainkan atau bisa di sambungkan ke pengeras suara lalau cek apakah suara gitar keluar dengan jelas, kecil, mendem atau ada kendala-kendala lainya.

5. Pre-Amp 


pre-amp gitar

Pre-amp adalah alat menguatkan sinyal input dari gitar untuk di sambungkan ke pengeras suara, audio interface dan lainya. ada yang memang hanya pre-amp saja yang dipasang pada body gitar, ada juga yang bersamaan dengan tuner.

Untuk mengeceknya, langsung saja hubungkan pada pengeras suara. biasanya jika memang toko gitar itu profesional sudah pasti ada pengeras suara untuk mengecek pre-amp pada gitar. jadi langsung lakukan di tempat. Alangkah bagusnya juga jika kamu cek juga output pada headphone seperti apa agar lebih mengenal karakter suara yang di hasilkan.

yang harus di cek adalah suara gitar yang keluar pada pengeras suara. Apakah suara yang keluar sudah jelas, kecil, tidak keluar atau terlalu keras hingga limit dan lainya. lalu cek equalizernya mulai dari bagian bass, middle, treble, gain dan sebagainya. langsung dengarkan di pengeras suaranya apakah perubahan sudah sesuai atau ada yang mengganjal.

6. Tuner



Tuner juga sering dilupakan untuk di cek karena terlalu fokus kepada pre-amp. Cek satu persatu setiap senar 1 sampai 6 di tuning langsung apakah sinyal nya benar atau ada yang mengganjal atau biasanya ada tuner yang delay dalam mentransmisikan audio, jadi ketika kita memetik gitar tuner tidak langsung merespon sinyal. Pastikan tuner merespon sinyal dengan cepat.

7. Lecet/Patah


gitar lecet dan patah

Periksa keseluruhan bagian gitar untuk memastikan bahwa tidak ada lecet atau patah. kamu pastinya tidak mau kan kalau gitar baru yang di beli ada lecet atau patah.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar kita tidak ceroboh dan menyesal ketika sudah di beli baru terlihat kecacatan nya. Karena memang kesalahan bisa saja terjadi walaupun gitar itu dibuat dengan mesih yang sudah terukur.

Karena memang setelah membeli gitar mungkin anda sudah siap untuk bermain gitar atau Belajar Kunci Gitar.


Kamu pemula yang sedang belajar gitar? pelajari materi lengkap tutorial gitar beserta video nya di daftar isi ini :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
7 Hal Ini Harus di Cek Ketika Membeli Gitar di Toko 7 Hal Ini Harus di Cek Ketika Membeli Gitar di Toko Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 7:53 AM Rating: 5

No comments: