Belajar FingerStyle Gitar Dengan 3 Langkah Cepat Ini

Belajar Fingerstyle

Fingerstyle Gitar adalah teknik bermain gitar yang pada khususnya adalah pada gitar akustik yang menggabungkan 3 perpaduan dasar antara bass, ryhtem, melodi sehingga menghasilkan harmonisasi yang indah.

belajar fingerstyle gitar

Fingerstyle lain hal dengan Teknik Memetik Gitar. karena dalam fingerstyle gitar tidak hanya teknik memetik gitar yang diperlukan, tapi juga harmonisasi yang pas yang dengan suara bass dan ryhtem sekaligus dan berpadu dalam tempo yang tepat.

Dalam pembelajaran fingerstyle ini bukan hal yang mudah dan hal yang mudah diterapkan karena gitaris yang mahir dalam bermain melodi pun belum tentu bisa mengaplikasikan fingerstyle. jadi dalam materi ini sangat diharapkan telah mempelajari tahap tahap yang harus di pelajari sebelumnya. mungkin bila anda melewati tahap tahap sebelumnya akan sedikit kesulitan untuk mengaplikasikanya ke teknik fingerstyle.

Contoh video fingerstyle :



Materi yang harus kamu kuasai terlebih dahulu :
Belajar Kunci Gitar
Belajar Memetik Gitar
Belajar Melodi Gitar

Langkah diatas adalah langkah dasar untuk masuk ke tahap fingerstyle. apabila memang telah menguasainya kita lanjutkan pada pembelajaran fingerstyle gitar.

Layaknya nada nada yang dimainkan pada alat musik piano, suara Bass piano, Ryhtem dan melodi nya selalu dalam 1 harmonisasi. begitu juga dengan fingerstyle. Namun kerumitan dalam fingerstyle, kita harus lebih lincah karena hanya tangan kiri kita yang dapat membentuk titik-titik nadanya dan di bantu tangan kanan sebagai proses membunyikanya.

Penempatan Titik dan chord ataupun bass line yang tepat
1. Jempol                                       : Senar 4,5,6 (Bass Line)
2. Jari Kelingking - Telunjuk        : Senar 1,2,3

Kombinasi dilakukan secara bertahap seperti halnya dalam memetik gitar. jangan lakukan secara langsung dengan semua jari tapi lakukanlah dengan dua jari dan bertahap secara terus menerus.

Langkah Mempelajari FingerStyle Dari sebuah lagu :

#1 Pelajari Chord/Kunci 
Tahap pertama kamu harus mempelajari kunci/chord yang ada pada lagu tersebut. mulai dari intro, verse, chorus, melodi dan sebagainya. Karena chord adalah basic dari semua teknik yang nantinya akan di variasikan.

Pelajari dan hafalkan kunci dari lagu tersebut dan alangkah baiknya dicoba dengan teknik memetik di setiap chord nya agar tidak kaku ketika akan mengkombinasikan semuanya.

#2 Pelajari Nada Vocal 
Ini merupakan poin penting dari fingerstyle, karena memang suara dari vocal tersebut akan di konversi ke dalam sebuah melodi. Dalam mempelajari nada vocal kamu harus tepat untuk menebak nada yang akan di konversikan, karena memang karakter vocal dan instrument jelas berbeda.

Terkadang untuk pemula memang harus sering berlatih agar kepekaan telinga kita terhadap nada semakin kuat dan dapat mengkonversi nadanya semakin cepat.

#3 Pelajari Bass Line
Layaknya instrumen bass, dalam fingerstyle terdapat pola bass yang memang merupakan basic untuk mengiringi sebuah melodi dan ryhtem. Dalam mempelajari pola bass kita harus menentukan dari titik chord yang sudah kita lakukan di tahap 1, lalu membuat pola nya tersendiri.

Jika kamu sudah mempelajari chord nya, biasanya akan mudah untuk menentukan pola bassnya. Pastikan tetap menjadi harmonis ketika di gabungkan dengan ryhtem dan melodi.

motivasi saya bisa

Lakukan satu persatu dalam mempelajarinya, dan pada akhirnya gabungkan semua teknik tersebut dalam satu tempo maka fingerstyle pun tercipta. Rasakan nuansa yang beda dari fingerstyle karena fingerstyle sangat kaya akan harmonisasi.

Dalam mempelajari fingerstyle bukan hanya teori yang harus dipelajari tapi teknik beserta praktek harus dilakukan secara rutin, karena dengan terbiasa maka kita akan cepat mempelajarinya.

Disarankan untuk menonton beberapa fingerstylist dunia yang mungkin bisa mejadi inspirasi dalam bermain fingerstyle. Seperti fingerstylist muda kelas dunia seperti Sunghajung yang sudah banyak menginspirasi banya orang. Di Indonesia ada Jubing Kristianto yang skill fingerstyle nya sangat luar biasa.





Pada tahap ini intinya adalah sering berlatih dan jangan lakukan hanya 1 kali atau 2 kali dalam latihan. Latihan secara rutin dalam waktu singkat itu lebih baik dibandingkan latihan langsung dalam seharian penuh tanpa ada rutinitas selanjutnya.

Selamat Mencoba

Kamu ingin materi-materi tentang gitar? Baca selengkapnya di Materi dibawah ini :

MATERI BELAJAR GITAR

GITAR PEMULA

GITAR LANJUTAN 

GITAR EKSPLORASI
Belajar FingerStyle Gitar Dengan 3 Langkah Cepat Ini Belajar FingerStyle Gitar Dengan 3 Langkah Cepat Ini Reviewed by Admin Dompet Inspirasi on 12:06 AM Rating: 5

No comments: