Latest News

Teknik Dasar Gitar

Pembelajaran gitar yang khususnya pemula memerlukan panduan yang jelas dalam mempelajari gitar . mengapa demikian ? karena kesalahan pada posisi saja terkadang bisa sampai berakibat fatal , bahkan jari - jari saja bisa sampai keram .

Gambar teknik dasar gitar
Mengapa dibutukan teknik ? Apa teknik / Teori Itu penting ? teknik dibutuhkan sebagai wacana untuk memperluas pengetahuan dan apalagi dalam praktek bila dilakukan akan lebih mahir juga dalam bermain gitar . Teori dan teknik bisa dibilang penting atau tidak , karena terkadang gitaris sukses pun berasal dari feeling dan insting yang bermain saat memainkan gitar . tapi alangkah baiknya kita mempelajari Teknik Dasar Gitar ini .


Beberapa Teknik Dasar Pada Gitar :

1. Picking
          Picking adalah teknik dimana gitaris mengayunkan pick dari atas kebawah , dari bawah ke atas , atau petikan lainya yang menghasilkan suara yang berbeda , walaupun tetap pada titik yang sama.

        Macam-macam picking:

           A. Down Stroke          : Petikan dari arah atas ke bawah
           B. Up Stroke               : Petikan dari arah bawah ke atas
           C. Alternative Picking   : Petikan acak atau tidak teratur urutannya
           D .Sweep Picking         : Petikan sapuan dari atas kebawah atau sebaliknya
           E. Multing (Deep)         : Petikan yang diredam bunyinya dengan tangan kanan
           F. Feedback Picking     : Petikan yang memberi aksen melengking

2. Fingering
            Fingering Adalah Teknik penempatan tangan kiri (Jari jari) yang teratur pada papan fret . fingering bisa terjadi pada dua kemungkinan yakni pada chord ataupun pada melody . Banyak Yang mengatakan bahwa fingering itu adalah bahasa lain dari fingerstyle . menurut saya itu kurang tepat karena fingering adalah teknik sedangkan fingerstyle adalah cara bermain gitar yang bisa dibilang lebih ke Genre (Aliran).
Untuk lebih jelas mengenai fingerstyle bisa dilihat pada FingerStyle Guitar .

3. Pulling
            Pulling Adalah Tehnik membunyikan not dari not yang tinggi ke not yang rendah dengan cara melepaskan tekanan jari tangan kiri pada senar gitar setelah sebelumnya jari tersebut menekan fret pada senar yang telah dipetik.Teknik ini bisa menghasilkan bunyi 2 not atau lebih sekaligus dalam sekali petik.Dilambangkan dengan “P” Terbagi dua,yaitu
             A. Pull On : Nada hidup
             B. Pull Off : Nada mati

4. Hammer
             Hammer Adalah Tehnik membunyikan not dari not rendah ke not yang tinggi dengan cara memukulkan jari tangan kiri pada senar gitar sehingga senar akan membentur papan fret dan menghasilkan nada yang dimaksud. Tehnik ini menghasilkan bunyi 2 not atau lebih sekaligus dalam sekali petik. Dilambangkan dengan “H”
              A. Hammer On : Nada Hidup
              B. Hammer Off : Nada Mati

5. Slide
             Slide Adalah Teknik Membunyikan not disertai gerakan sliding atau menggeser jari sekaligus tetap menekan senar gitar dengan jari tangan kiri yang sama . bisa dari not rendah ke not tinggi ,ataupun sebaliknya . Dalam satu petikan bisa samapai 2 titik atau lebih . Dilambangkan dengan “S”
              A. Ascending slide : slide dari fret rendah ke fret tinggi
              B. Descending slide:dari tinggi ke rendah
          
6. Bending
             Bending Adalah Teknik membunyikan not dengan cara menekan dan menarik senar gitar ke arah atas atau kearah bawah papan fret sehingga terdengar nada mengayun.Tehnik ini diperlukan keseriusan berlatih, karna bukan hanya sekedar menarik senar saja, tapi juga menempatkan bunyi bendingnya sesuai dengan nada yang dituju dengan tepat agar tidak menghasilkan nada yang fals,misalnya mau di bending ½ nada,1 nada, 1setengah nada .

Banyak yang mengatakan bahwa bending merupakan penggabungan nada dari 2 titik menjadi satu titik yang diayunkan . dalam teknik bending harus cukup hati hati untuk memainkanya karena rawan sekali senar yang putus dikarenakan ketidak hati hatian dalam melakukan bending . bending dilambangkan”B”
              A. Bending on      : nada mati
              B .Bending off      : nada mati
              C. Bending up      : nada naik
              D. Bending down : nada turun

7. Vibrato
           Vibrato berasal dari kata vibra yang mengartikan "getaran" .Tehnik membunyikan not dengan cara menekan kearah atas dan kebawah dalam tempo teratur sehingga menghasilkan nada berayun yang juga teratur,tehnik ini lebih ditempatkan pada not-not yang panjang . tapi penggunaan vibrato secara berlebihan itu tidak baik .

8. Trill
           Trill Adalah Tehnik gabungan downstroke dan upstroke yang dimainkan dalam tempo yang teratur dan cepat untuk mengiringi nada dengan interval yang lambat.

9. Harmonik
            Harmonik Adalah Tehnik membunyikan not dengan hanya menyentuh senar tepat pada besi fret sebelah kanan tanpa ada tekanan sedikitpun .
           A. Left Hand Harmonic:
                        Harmonik dengan tangan kiri pada senar dalam keadaan los atau tidak ditekan                                satupun,bunyinya akan maksimal ketika digunakan pada fret-fret yang ada tanda atau titiknya.
           B. Right Hand Harmonic:
                       Harmonik tangan kanan,dimana tangan kiri lebih dulu menekan nada yang akan di                             harmonik,Sama dengan left hand harmonic,tangan kanan disini juga tidak menekan senar, tetapi                     cukup menyentuh atau malah memukul senar saja.

10.Tapping

           Tapping Adalah Tehnik membunyikan not dengan cara menekan senar dengan jari tangan kiri ditambah dengan gerakan menekan senar oleh jari tangan kanan pada fret yang berbeda ,atau sebaliknya.Tapping biasa dipadukan dengan tehnik lainnya,seperti pulling,hammer,slide,bending,dan lain-lain.
tapping biasanya bertujuan supaya harmonik melody yang dihasilkan lebih banyak dan lebih mekar .

Teknik ini tidak haya diperuntukan untuk gitar electrik namun pada gitar acoustic pun bisa dilakukan tapping asalakn penempatan jari dan posisi penekanan yang tepat .

11. Dap
            Dap Adalah Teknik membunyikan not dengan cara menahan nada yang akan keluar pada gitar . nada yang dihasilkan tidak terlepas melainkan tertahan hingga menghasilkan bunyi yang tertekan . pada aliran aliran musik jaman sekarang dap seringkali digabungkan dengan pelepasan chord sehingga menghasilkan harmonik yang unik .

Mungkin cukup sekian pembahasan dalam pembelajaran Teknik Dasar Gitar . semoga bermanfaat dan dapat mempraktekanya dengan baik dan benar.


0 Response to "Teknik Dasar Gitar"